Perancangan Sarana Display Produk Aksesoris Handmade untuk UMKM : Studi Kasus “Erve The Label”

Penulis

  • Nabilah Hashifah Institut Teknologi Nasional
  • Maharani Permanasari

DOI:

https://doi.org/10.26760/jdpn.v2i1.45

Kata Kunci:

Sarana display, produk aksesoris handmade, pameran UMKM, Erve The Label

Abstrak

Industri kreatif di Indonesia, khususnya UMKM yang bergerak di bidang aksesoris handmade, memiliki potensi besar untuk berkembang. Namun, salah satu tantangan yang dihadapi UMKM adalah keterbatasan dalam memamerkan produk mereka secara menarik. Penelitian proyek akhir ini merupakan proses perancangan desain sarana display produk aksesoris handmade yang diperuntukkan untuk pameran UMKM dengan studi kasus Erve The Label. Hal ini dilatar belakangi oleh keinginan pemilik dari Erve The Label untuk memiliki tampilan display yang berbeda dari yang lain dengan mengutamakan fungsi dan visual. Metode penelitian design thinking yang diawali observasi dan wawancara kepada target pengguna diharapkan dapat menghasilkan sarana display yang sesuai dengan image brand. Perancangan ini menghasilkan sarana display yang sesuai dengan image dari Erve The Label dengan memanfaatkan logo brand sebagai konsep visual.

Referensi

R. D. Marselina, D. Putri, and K. Kania, “Peran Sosial Media Instagram Dan Tiktok Pada Brand Image Dan Jaringan Bisnis Jewelry Beads”.

M. K. Nuzul and N. Adiani, “Desain Sarana Display Dan Penyimpanan Produk Pameran Aksesoris (Studi Kasus: UMKM Aksesoris Di Mojokerto),” vol. 10, no. 1, 2022.

N. A. Fadhilah and E. S. Putra, “Perancangan Tas Rajut Untuk Fasilitas Nail Artist,” vol. 01, no. 01, 2023.

S. Soedewi, “PENERAPAN METODE DESIGN THINKING PADA PERANCANGAN WEBSITE UMKM KIRIHUCI,” Vis. J. Online Desain Komun. Vis., vol. 10, no. 02, p. 17, Apr. 2022, doi: 10.34010/visualita.v10i02.5378.

T. B. Ayu and N. Wijaya, “Penerapan Metode Design Thinking pada Perancangan Prototype Aplikasi Payoprint Berbasis Android,” MDP Stud. Conf., vol. 2, no. 1, pp. 68–75, Apr. 2023, doi: 10.35957/mdp-sc.v2i1.4065.

D. Oleh, “PENERAPAN PENDEKATAN DESIGN THINKING DALAM RANCANGAN IDE BISNIS KALOGRAFI”.

C. Z. Alrazi and A. Rachman, “Penerapan Metode Design Thinking Pada Model Perancangan Animasi Periklanan Digital Pencegahan Covid-19,” Ultim. J. Komun. Vis., vol. 14, no. 2, pp. 190–202, Dec. 2021, doi: 10.31937/ultimart.v14i2.2247.

A. R. Amalia, I. S. E. Maghfiroh, and N. Y. Setiawan, “Perancangan User experience Aplikasi BAZNAS Jombang berbasis Mobile menggunakan Metode Design Thinking (Studi Kasus : BAZNAS Jombang)”.

Suryadana, D. Sasongko, and S. Nugroho, “Penerapan Metode Design Thinking dalam Website Waste4Change untuk Mengoptimalkan Fitur Pengiriman Sampah,” J. Inf. Syst. Res. JOSH, vol. 4, no. 3, pp. 820–830, Apr. 2023, doi: 10.47065/josh.v4i3.3274.

D. Cahyadi and A. Y. N. Adilla, “DESAIN PAPAN INFOGRAFIK UNTUK POLITEKNIK NEGERI SAMARINDA,” J. Kreat. Desain Prod. Ind. Dan Arsit., vol. 6, no. 1, Mar. 2020, doi: 10.46964/jkdpia.v6i1.38.

M. N. Putri and D. Ismail, “PEMANFAATAN TEKNOLOGI LASER CUTTING DALAM PROSES PERANCANGAN PERHIASAN BERBAHAN AKRILIK LEMBARAN DENGAN PENDEKATAN EKSPLORASI BENTUK,” vol. 02, 2020.

Unduhan

Diterbitkan

07-09-2024

Cara Mengutip

1.
Hashifah N, Permanasari M. Perancangan Sarana Display Produk Aksesoris Handmade untuk UMKM : Studi Kasus “Erve The Label”. JDPN [Internet]. 7 September 2024 [dikutip 19 Februari 2025];2(1):23-32. Tersedia pada: https://jdpn.itenas.ac.id/index.php/home/article/view/45

Terbitan

Bagian

Pengalaman Desain